Waspada, 5 Masalah ini Akan Terjadi Jika Kurang Tidur

Waspada, 5 Masalah ini Akan Terjadi Jika Kurang Tidur
Ganguan Tidur, Temukan Jawabannya. Foto Empow Her

jpnn.com - Sulit rasanya untuk membuang keinginan begadang saat weekend, karena banyak aktivitas yang justru baru dimulai saat malam tiba.

Sayangnya, medis tidak menyarankan Anda untuk banyak-banyak begadang. Pasalnya, begadang adalah cikal bakal kurang tidur, yang nantinya turut memengaruhi kondisi tubuh Anda secara menyeluruh.

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc MSc dari KlikDokter, kualitas tidur yang buruk serta durasi tidur yang pendek berkaitan dengan serangkaian penyakit.

“Beberapa penyakit yang bisa terjadi sebagai akibat dari kurang tidur, termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes mellitus, dan depresi,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dilansir dari Reader’s Digest, Anda yang sering begadang dan kurang tidurjuga berpotensi tinggi untuk mengalami kondisi yang tidak mengenakkan seperti berikut:

1. Berubah menjadi orang yang pikun

Seorang spesialis perilaku tidur dan pendiri metode Sleep Easily, Richard Shane, Ph.D, mengatakan tidur dengan waktu yang cukup akan memperkuat koneksi saraf yang terlibat dalam memori sekaligus mengoptimalkan proses penyerapan informasi baru ke dalam memori. Nah, saat kurang tidur, proses tersebut akan terganggu sehingga Anda berubah menjadi orang yang pelupa alias pikun.

Faktanya, manusia membutuhkan tidur rapid eye movement (REM) yang cukup agar otak memiliki kemampuan yang terus tajam.

Jangan begadang jika memang tidak benar-benar diperlukan. Akan lebih baik bila Anda tidur selama 7–8 jam setiap malam.

Sumber klIkdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News