Waspada! Ada 1.309 Pemudik Ditemukan Positif Covid-19 saat Arus Balik Mudik

Waspada! Ada 1.309 Pemudik Ditemukan Positif Covid-19 saat Arus Balik Mudik
Ilustrasi - Kepadatan (macet) lalu lintas saat arus mudik di tol. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono menyatakan sebanyak 1.309 orang terindikasi positif  covid-19 sesuai hasil Swab Antigen secara acak yang dilakukan selama 12 hari masa pengetatan arus balik.

"Sejak 15 Mei sampai dengan 27 Mei, telah dilakukan swab antigen yang kedapatan terpapar positif covid-19 sebanyak 1.309 orang," kata Istiono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Korlantas Polri mengadakan tes swab antigen acak di sejumlah pos penyekatan wilayah Jabodetabek selama masa pengetatan arus balik Lebaran 2021 sejak 15-27 Mei.

Tes swab antigen acak tersebut dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19, memastikan masyarakat yang melakukan perjalanan balik dari mudik lebaran ke wilayah Jabodetabek benar-benar terbebas dari COVID-19.

Menurut Istiono, selama 12 hari masa pengetatan arus balik pihaknya telah memeriksa lebih kurang 820 ribu dokumen persyaratan melakukan perjalanan di masa larangan mudik Lebaran.

"Dari data tersebut yang dilengkapi dokumen kesehatan sebanyak 540 ribu sedangkan yang tidak memiliki dokumen sebanyak 283 ribu," ujarnya.

Istiono menyampaikan Korlantas Polri tetap melakukan pengetatan dengan mengecek surat bebas covid-19 bagi pengendara yang memasuki wilayah Jabodetabek di 140 titik hingga 31 Mei mendatang.

Hingga Kamis (27/5) malam Istiono meninjau Posko Drive Thru Rapid Test Antigen Arus Balik Lebaran Tahun 2021, tepatnya di parking bay Cibatu, KM 34 Tol Cikampek arah Jakarta, guna memastikan pengetatan tetap berjalan.

Korlantas Polri tetap melakukan pengetatan dengan mengecek surat bebas covid-19 bagi pengendara yang memasuki wilayah Jabodetabek di 140 titik hingga 31 Mei mendatang.