Waspada, Ancaman Gempa 8,8 SR Mengintai

Waspada, Ancaman Gempa 8,8 SR Mengintai
Waspada, Ancaman Gempa 8,8 SR Mengintai
PADANG--Pakar gempa dan tsunami dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Danny Hilman Natawidjaja kembali mengingatkan Pemprov Sumbar dan pemerintah kabupaten/kota, agar tetap komitmen menyiapkan jalur evakuasi. Ancaman gempa 8,8 SR masih mengintai.

“Jika pemerintah daerah dan masyarakat tidak siap, potensi gempanya mencapai 8,8 SR yang diikuti gelombang tsunami, akan menjadi bencana terbesar sepanjang 200 tahun terakhir,” sebut Danny Hilman saat Rapat Kajian Potensi Tsunami di Sumbar dan Upaya Penanggulangannya.

Danny mengingatkan, jika gempa 8,8 SR terjadi selama dua sampai empat menit, dampaknya dapat merubuhkan semua bangunan baik di Kabupaten Kepulauan Mentawai maupun di sepanjang pesisir Sumatera, yakni Padang, Padangpariaman, Pariaman, Painan, dan sekitarnya.

Gempa dari Sunda Megathrust berkekuatan 8,8 SR juga dapat memicu gelombang tsunami tinggi di seluruh wilayah pesisir pantai Sumbar. “Pusat gempanya tidak peduli mau di barat atau di timur Kepulauan Mentawai, karena tsunami menerjang Padang. Lima sampai 10 menit gelombang laut tinggi itu terjang Mentawai, dan 20-30 menit sampai di pesisir Sumatera. Rangkaian ombak besar itu berlangsung hingga tiga jam atau lebih. Air laut surut hanya beberapa menit atau tidak surut sama sekali. Jadi jangan tunggu air laut surut justru akan membuang waktu untuk evakuasi," ingatnya.

PADANG--Pakar gempa dan tsunami dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Danny Hilman Natawidjaja kembali mengingatkan Pemprov Sumbar dan pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News