Waspada Cuaca Ekstrem, Ridwan Kamil: BPBD Siaga Satu Setiap Hari

Waspada Cuaca Ekstrem, Ridwan Kamil: BPBD Siaga Satu Setiap Hari
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengataka bencana akibat cuaca ekstrem berpotensi terjadi di wilayah Jawa Barat hingga akhir tahun 2022. Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengataka bencana akibat cuaca ekstrem berpotensi terjadi di wilayah Jawa Barat hingga akhir tahun 2022.

Karena itu, dia meminta meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar untuk siaga satu menanggulangi potensi bencana

"BPBD dan perangkat-perangkat yang terkait dengan kebencanaan sudah diarahkan untuk siaga satu setiap hari," kata Ridwan Kamil di Gedung DPRD Provinsi Jabar, Kota Bandung, Senin.

Pria asal Bandung, Jawa Barat itu memprediksi cuaca ekstrem itu tidak hanya melanda wilayah Jawa Barat.

Menurut dia, hal serupa juga terjadi di pulau Sumatera, Sulawesi, dan Jawa pada umumnya.

Untuk itu, peran dari BPBD dan perangkat terkait penanggulangan kebencanaan sangat dibutuhkan tenaganya.

Dia juga meminta kepada bupati/wali kota di Provinsi Jabar untuk waspada terhadap ancaman bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor di sejumlah daerah Jawa Barat.

"Saya sudah sampaikan menjelang akhir tahun itu cuaca ekstrem ada di mana-mana. Pulau Sumatera, Jawa Sulawesi khususnya curah hujan yang sangat tinggi. Sehingga tolong waspada," kata pria 51 tahun itu.

Permintaan serupa juga ditujukan oleh Kang Emil-panggila akrab Ridwan Kamil- kepada seluruh warga Jabar.

"Saya juga mengingatkan kepada masyarakat agar waspada terhadap ancaman bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor di sejumlah daerah Jawa Barat," kata Kang Emil.

Dia menuturkan berdasarkan karakteristik geografis, Jawa Barat wilayah tengah ke utara, bencana yang dihadapi umumnya ialah banjir.

Sementara itu, Jawa Barat wilayah tengah ke selatan, bencana yang dihadapi umumnya ialah tanah longsor.

Sehingga, Kang Emil berharap, peningkatan kewaspadaan bisa meminimalisir jumlah korban akibat bencana.

"Kita pernah kejadian desa di Jabar tengah ke selatan mengalami longsor dan menimbulkan korban jiwa," kata Ridwan Kamil. (Antara/jpnn)


Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengataka bencana akibat cuaca ekstrem berpotensi terjadi di wilayah Jawa Barat hingga akhir tahun 2022.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News