Waspada, Dokter Gadungan Berkeliaran

Waspada, Dokter Gadungan Berkeliaran
Waspada, Dokter Gadungan Berkeliaran

jpnn.com - PANGKALAN BANTENG – Warga Kecamatan Pangkalan Banteng resah terhadap adanya aksi dokter gadungan yang keliling sambil menjual obat. Pelaku seolah-olah mampu mendiagnosa berbagai penyakit dalam.  

Seorang korban, MS, mengatakan bahwa dirinya kedatangan seorang perempuan yang mengaku sebagai dokter spesialis syaraf dan mampu mendiagnosa berbagai penyakit.

“Suami saya didiagnosa menderita penyakit dalam akut, mulai ginjal, asam urat, hingga jantung lemah. Pokoknya penyakit kronislah. Bahkan teman saya malah divonis hidupnya tidak akan lama. Kemudian dikasih obat berupa kapsul dan dijanjikan untuk melakukan terapi kesehatan. Namun setelah kita bayar, ternyata dokter gadungan itu tidak kembali lagi hingga sekarang,” katanya dengan kesal kemarin.

Diceritakannya, saat itu pemeriksaan gula darah dan kolesterol dilakukan di ruang kantornya. Selain dia, mantan atasannya juga ikut tertipu dengan aksi dokter abal-abal ini.
 
Sementara itu Kepala Puskesmas Karang Mulya dr Maryani saat dikonfirmasi membenarkan adanya orang yang mengaku-ngaku sebagai dokter sambil menjual obat.

“Sudah ada tiga desa, yakni Karang Mulya, Karang Sari, dan Sungai Pakit yang warganya telah menjadi korban praktik penjual obat yang mengaku sebagai dokter. Salah satunya adalah pasien saya sendiri,” ujarnya.

Dijelaskannya, aksi penipuan dilakukan dengan mengatasnamakan Dinas Kesehatan Kobar agar para korban percaya. Bahkan, ada juga yang rela membayar hingga jutaan rupiah karena pelaku menjanjikan akan datang kembali untuk terapi penyembuhan penyakit.

“Diimbau kepada warga jangan mudah percaya dengan orang maupun klinik yang mengaku sudah mendapatkan izin dari Dinas Kesehatan yang mendatangi rumah maupun kantor untuk melakukan pemeriksaan/diagnosa yang menyesatkan agar bersedia membeli obat yang dianjurkannya. Jika mengalami keluhan mengenai kesehatan, datang saja ke dokter resmi ataupun ke puskesmas  agar mendapatkan informasi kesehatan yang terjamin keabsahannya,” imbuh dokter berjilbab ini. (sla)


PANGKALAN BANTENG – Warga Kecamatan Pangkalan Banteng resah terhadap adanya aksi dokter gadungan yang keliling sambil menjual obat. Pelaku


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News