Sabtu, 17 Agustus 2019 – 19:47 WIB

Waspada, ini 6 Dampak Konsumsi Gula Berlebih

Kamis, 18 Juli 2019 – 04:34 WIB
Waspada, ini 6 Dampak Konsumsi Gula Berlebih - JPNN.COM

jpnn.com - Gula adalah salah satu sumber energi yang dibutuhkan manusia. Namun jika dikonsumsi berlebihan, gula dapat menyebabkan terjadinya berbagai gangguan kesehatan. Maka, penting untuk membatasi konsumsi gula.

Faktanya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menganjurkan agar setiap orang membatasi asupan gula hanya sebanyak 50 gram per hari atau setara dengan 5–9 sendok teh. Sementara itu, menurut American Heart Association (AHA), batas maksimal konsumsi gula adalah 24 miligram per hari atau setara 6 sendok teh.

Bahaya konsumsi gula berlebih

Jika Anda mengonsumsi gula lebih dari jumlah yang dianjurkan, risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan berikut ini akan melonjak tinggi.

1. Diabetes melitus

Mengonsumsi gula atau makanan manis secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi terhadap insulin. Sebagai akibatnya, kadar gula darah akan cenderung tinggi. Kondisi ini dikenal dengan sebutan penyakit diabetes melitus.

2. Obesitas

Semakin banyak gula yang dikonsumsi, risiko penimbunan lemak jahat di area pinggang dan perut akan lebih mudah terjadi. Parahnya lagi, konsumsi gula dalam bentuk fruktosa (gula sederhana) secara berlebihan dan berkelanjutan, bisa menyebabkan terjadinya resistensi hormon leptin.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar