Waspada!!! Kesepian Kronis Erat Dengan Hal ini

Waspada!!! Kesepian Kronis Erat Dengan Hal ini
Ilustrasi

jpnn.com - KESEPIAN bisa meningkatnya risiko kesehatan. Bahkan kesepian bisa meningkatkan risiko seseorang dari kematian dini. Kini, para peneliti telah menemukan mengapa kesepian bisa memengaruhi kesehatan seseorang. Kesepian bisa memicu perubahan seluler yang bisa menurunkan kemampuan seseorang untuk melawan infeksi virus.

Dalam sebuah penelitian, yang dilakukan kepada 141 orang dewasa yang lebih tua. Peneliti melihat hubungan antara kesepian dan pola ekspresi gen dalam sel darah putih, yang terlibat dalam melindungi tubuh terhadap virus dan bakteri.

Di antara orang-orang dalam penelitian ini, 36 diklasifikasikan sebagai orang yang menderita kesepian kronis. Para peneliti menemukan orang-orang yang kesepian kronis, sel-sel mereka menunjukkan tanda-tanda peningkatan ekspresi gen yang terlibat dalam peradangan dan memerangi infeksi bakteri potensial, dibandingkan dengan sel-sel orang yang tidak kesepian.

Sel-sel ini juga memiliki tingkat yang lebih rendah dari ekspresi gen yang terlibat dalam memerangi infeksi virus.

"Pola ekspresi gen berubah, di mana tubuh menjadi lebih mungkin untuk menunjukkan respon inflamasi," kata penulis studi, John Cacioppo, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (2/6).

Dengan kata lain, pada orang yang kesepian ada pergeseran dari melindungi terhadap virus menjadi ke arah perlindungan terhadap bakteri, ungkap Cacioppo.

Selain itu, temuan menunjukkan kesepian dan pola pro-inflamasi ekspresi gen berjalan beriringan dan bisa menyebar dari waktu ke waktu.

Orang-orang yang kesepian kronis pada awal penelitian, cenderung masih memiliki pro-inflamasi pola ekspresi gen setahun kemudian. Karena itu, buatlah diri Anda bahagia dengan cara yang positif. (fny/chi/jpnn)


KESEPIAN bisa meningkatnya risiko kesehatan. Bahkan kesepian bisa meningkatkan risiko seseorang dari kematian dini. Kini, para peneliti telah menemukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News