Waspada Pak Jokowi! Sudah Lampu Kuning Nih, Salah Langkah Bisa Kena Merah

Waspada Pak Jokowi! Sudah Lampu Kuning Nih, Salah Langkah Bisa Kena Merah
Direktur Eksekutif Indobarometer, M Qadari. Foto: Dok.JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Indobarometer, M Qadari mengingatkan Presiden Joko Widodo agar segera meningkatkan kinerja pemerintah. Pasalnya, tingkat kepuasan masyarakat semakin hari semakin rendah.

Qadari mengungkapkan, dalam survei terakhir Indobarometer, hanya setengah dari total responden yang mengaku puas dengan kinerja Jokowi. Data ini menurutnya harus dipandang sebagai peringatan serius oleh sang presiden.

"Kesabaran sudah menurun. Ini lampu kuning bernuansa merah. Jokowi harus manfaatkan momentum lakukan perubahan radikal," kata Qadari dalam acara diskusi di Jakarta, Sabtu (17/10).

Perubahan radikal yang dimaksudnya adalah merombak kabinet. Menurut Qadari, Jokowi harus mengesampingkan pertimbangan politik dan mengganti menteri-menteri yang tak mampu mengeksekusi Nawa Cita.

Apalagi dia melihat Jokowi saat ini sudah mampu melawan tekanan politik partai-partai pendukungnya. Karena itu tidak ada penghalang lagi untuk melakukan perubahan.

"Belakangan presiden semakin otonom. Contohnya RUU KPK bisa agak mundur ditunda. Pemilihan calon Kapolri rame banget, tapi panglima TNI dan BIN lancar. Ini indikasi presiden lebih nyaman arungi lautan politik," ujarnya.

Selain itu, lanjut Qadari, Jokowi juga perlu mengingatkan bawahan-bawahannya tentang Nawa Cita. Pasalnya, dia merasa banyak anggota kabinet sudah menyimpang dari visi misi yang sudah disusun Jokowi sejak masa kampanye pemilu tersebut.

"Perlu ada penyegaran tentang Nawa Cita, perlu evaluasi dan briefing ulang apakah para menteri masih ingat dan bagaimana capaiannya dalam satu tahun ini," pungkasnya. (dil/jpnn)

JAKARTA - Direktur Eksekutif Indobarometer, M Qadari mengingatkan Presiden Joko Widodo agar segera meningkatkan kinerja pemerintah. Pasalnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News