WWF: Keserakahan Manusia Penyebab Utama Bencana Alam

WWF: Keserakahan Manusia Penyebab Utama Bencana Alam
Direktur Komunikasi & Advokasi WWF Indonesia, Nyoman Iswarayoga. Foto: Dok.Pribadi.

jpnn.com - JAKARTA - World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia menilai, bencana alam yang datang silih berganti belakangan ini adalah akibat kerakusan manusia. Termasuk bencana asap yang tengah menyelimuti Sumatera dan Kalimantan.   

Direktur Komunikasi & Advokasi WWF Indonesia, Nyoman Iswarayoga mengatakan, kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kepuasannya telah menurunkan kualitas dan kesehatan planet bumi.

"Keserakahan manusia memberikan tekanan yang melewati batas daya dukung lingkungan," katanya, kepada JPNN.com, Sabtu (17/10).

Belum lagi, lanjut Nyoman, jumlah penduduk bumi yang terus bertambah yang menyebabkan persaingan sesama manusia untuk mendapatkan sumber daya agar bertahan hidup. 

"Inilah yang mendorong terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim," tandasnya. 

Menurut dia, fenomena perubahan iklim mendorong kehidupan di muka bumi menjadi sangat rentan terhadap ketersediaan pangan, air dan energi yang berkecukupan dan berkelanjutan. 

Di tengah kabut asap yang menyelimutinya sebagian kawasan di Sumatera dan Kalimantan, WWF Indonesia bersama tokoh-tokoh lintas agama, perguruan tinggi dan sejumlah komponen masyarakat mendeklarasikan SIAGA BUMI, pada Hari Perdamaian Internasional, 21 September 2015 lalu.

SIAGA BUMI akronim singkatan dari Indonesia Bergerak Menyelamatkan Bumi. 

JAKARTA - World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia menilai, bencana alam yang datang silih berganti belakangan ini adalah akibat kerakusan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News