Waspada! Pencuri Berkedok Petugas Pengukur Meteran PLN

Waspada! Pencuri Berkedok Petugas Pengukur Meteran PLN
Pelaku kriminal yang tertangkap dan diborgol. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat, meringkus satu komplotan pencuri dengan modus berpura-pura menjadi pegawai PLN, guna mengelabui korbannya di Kampung Bali, Tanah Abang.

"Mereka melakukan ini berkelompok, ada yang mengawasi di depan, di motor, kemudian ada yang mengalihkan perhatian," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto, di lokasi rekonstruksi perkara, Kamis.

Di antara anggota komplotan itu ada yang berpura-pura mengukur meteran PLN, menarik-narik tali dan sebagainya.

"Sehingga konsentrasi si korban ini fokusnya ada di kelompok yang pertama," katanya.

Komplotan itu terdiri lima orang dengan inisial JF, SR, RA, dan DG. Mereka ditangkap pada Februari ini dan satu orang masih buron.

Dalam penggerebekan, polisi menemukan kamera, alat pencungkil lemari dan sejumlah senjata tajam serta beberapa lembar uang dengan pecahan Rp 100.000.

Heru mengatakan korban RBH (97) yang melaporkan pencurian itu mengalami kerugian Rp 10 juta serta 2000 ringgit Malaysia atau setara dengan Rp 6,6 juta.

Pada saat pencurian berlangsung, RBH tidak dapat membela diri atas pencurian yang dilakukan oleh para pelaku karena dirinya sudah renta akibat usia.

Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat, meringkus satu komplotan pencuri dengan modus berpura-pura menjadi pegawai PLN, guna mengelabui korbannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News