Waspadai Angin Puting Beliung

Waspadai Angin Puting Beliung
Waspadai Angin Puting Beliung
BOGOR -    Data dan informasi Stasiun Klimatologi Dramaga Bogor, Leny Jantika mengakui curah hujan tahun ini di Jawa Barat lebih kecil dibanding tahun lalu. Secara keseluruhan pada kemarau tahun ini curah hujan berada di bawah normal. Berdasarkan pemantauan stasiun klimatologi, prakiraan sifat hujan di bawah normal pada September ini akan melanda di sebagian kecil Bogor bagian barat, Karawang utara, Purwakarta selatan, Subang selatan, Sumedang utara, Bandung barat, Sukabumi tengah, Garut utara dan timur, serta beberapa wilayah lainnya di Jawa Barat.

Namun, di beberapa wilayah seperti Bogor bagian utara, tengah, selatan dan barat, lalu Purwakarta utara bagian tengah, Indramayu selatan bagian timur serta Cirebon utara dan selatan, masih berada di atas normal. Artinya, beberapa daerah ini masih akan merasakan guyuran hujan dengan intensitas tinggi. “Pada dasarnya curah hujan di sebagian wilayah Bogor masih di atas normal, tapi sebagian lagi sudah mulai kering,” kata dia.

Leny mengatakan, hal-hal yang menimbulkan potensi kekeringan di antaranya, kondisi defisit curah hujan, masa puncak musim kemarau dimana curah hujan berada di bawah normal, permulaan musim kemarau lebih maju dari rata-rata, daya tampung waduk menurun, serta petani lebih memaksakan menanam padi dengan melakukan illegal pumping. “Kondisi kering yang berkepanjangan ini berpotensi menyebabkan bencana kebakaran,” terangnya.

Menurut Leny, pada musim kemarau ini Stasiun Klimatologi Dramaga juga mengimbau masyarakat Bogor untuk mewaspadai bahaya puting beliung yang bisa terjadi kapan saja. Ia mencontohkan puting beliung pada Rabu (7/9) di Bogor bagian tengah. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa angin tersebut terjadi di bawah awan Cumulonimbus (Cb). Angin terjadi dalam waktu singkat antara tiga hingga lima menit dengan kecepatan mencapai 40-50 km/jam. Angin bersifat lokal dan luasannya sekitar sepuluh kilometer.

BOGOR -    Data dan informasi Stasiun Klimatologi Dramaga Bogor, Leny Jantika mengakui curah hujan tahun ini di Jawa Barat lebih kecil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News