Waspadai, Calo Masuk PTN Mulai Beroperasi

Waspadai, Calo Masuk PTN Mulai Beroperasi
Waspadai, Calo Masuk PTN Mulai Beroperasi
JAKARTA -- Terkait maraknya kasus penipuan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) Joko Santoso mengingatkan kepada seluruh calon mahasiswa dan para orang tua untuk tidak mudah tergiur dengan adanya penawaran dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan meminta imbalan berupa uang.

"Intinya jika ada iming-iming dari beberapa oknum yang menawarkan kemudahan-kemudahan untuk masuk PTN favorit dengan membayar puluhan juta, itu sudah pasti bohong," terang Joko di Jakarta, Senin (21/6).

Menurutnya, sudah menjadi hal yang wajar jika iming-iming bisa masuk PTN favorit menarik minat bagi beberapa kalangan orang tua yang pesimis anaknya dapat lolos jika mengikuti seleksi secara normal. Ternyata dari fakta yang ada, terkuak bahwa hal ini hanya penipuan dengan memanfaatkan situasi yang bisa dipetik keuntungan materialnya.

"Orang tua harus lebih cerdas dalam menghadapi situasi seperti ini. Selain itu, yang paling utama adalah kita harus bisa berpikir dengan akal sehat. Jangan mudah percaya," imbuhnya.

JAKARTA -- Terkait maraknya kasus penipuan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News