Wajib Puasa, untuk Biayai Sekolah Gratis

Wajib Puasa, untuk Biayai Sekolah Gratis
Wajib Puasa, untuk Biayai Sekolah Gratis
MENYANDANG gelar sarjana ekonomi tak membuat Dedi Rosadi bangga akan ilmu yang dimiliki. Pengalaman organisasi yang dia miliki semasa kuliah menguatkan idealismenya untuk mengentaskan kemiskinan dan kebodohan di Indonesia.

 

Selama sepuluh tahun, Dedi merintis yayasan yang dia beri nama Yayasan Nurani Insani. Lima tahun pertama dia mengumpulkan anak-anak miskin, telantar, dan pemulung di sekitar Pasar Kembang, Jogjakarta. Lebih dari satu tahun dia mengabdi. Mereka diajak belajar di stasiun kereta api sampai di bawah jembatan.

 

Pria kelahiran Jakarta itu kemudian memilih kembali ke tempat kelahirannya di Jalan Petamburan, Jakarta Barat. Di tempat tersebut, dia mengembangkan yayasan melalui pemberian kesempatan kepada anak-anak miskin, telantar, dan pemulung untuk mengenyam pendidikan.

 

Bagi Dedi, identitas bukan segalanya. Jika setiap sekolah mewajibkan anak didiknya untuk melampirkan akta kelahiran dan alamat rumah, Dedi tidak memberlakukan itu di sekolahnya. "Mau daftar pakai apa saja boleh. Tidak mencantumkan nama orang tua juga tidak masalah. Sebab, intinya bukan itu,"ujarnya. "Tiga tahun lebih saya mengajak mereka belajar di kolong jembatan," tambahnya.

 

MENYANDANG gelar sarjana ekonomi tak membuat Dedi Rosadi bangga akan ilmu yang dimiliki. Pengalaman organisasi yang dia miliki semasa kuliah menguatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News