WhatsApp Berbagi Tips Keamanan Dasar Cegah Penipuan

WhatsApp Berbagi Tips Keamanan Dasar Cegah Penipuan
WhatsApp. Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Kasus penipuan (scam) berupa pesan dari pihak ketiga yang tidak jelas, seperti spam, tipuan (hoaks), dan pengelabuan (phishing), sudah sering terjai.

Oleh karena itu, WhatsApp Indonesia dalam keterangan tertulisnya, membagi sejumlah tips keamanan dasar untuk mencegah ragam aksi penipuan siber. Berikut ulasannya:

Si Penipu

Penipu bisa muncul dengan berbagai wajah, bahkan dapat berpura-pura menjadi teman atau kerabat dekat yang mengaku sangat membutuhkan uang dengan menggunakan nomor yang tidak dikenal.

Langkah antisipasi pertama, perhatikanlah bahasa yang coba ditiru. Gaya percakapan digunakan mungkin berbeda, seperti tutur bahasa, cara mereka menjelaskan situasi, dan hal kecil lainnya yang membuat kita ragu.

Setelah mengetahui bahwa ini salah satu modus penipuan, WhatsApp mendukung kita untuk melaporkan dan memblokir pengguna tersebut dengan membuka chat > klik kontak atau nama grup > klik Laporkan atau Blok kontak.

Si Pemberi Harapan

Dalam kasus ini, biasanya penipu mengaku sebagai pihak perusahaan atau brand yang meyakinkan bahwa kita memenangkan hadiah besar, atau menawarkan pekerjaan yang sebelumnya kita tidak pernah daftarkan.

Maraknya kasus penipuan (scam) berupa pesan dari pihak ketiga yang tidak jelas, seperti spam, tipuan (hoaks), dan pengelabuan (phishing), mendorong WhatsApp berbagi tips keamanan dasar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News