Rabu, 19 Juni 2019 – 20:07 WIB

WhatsApp Cs Down, Kominfo: Tenang Hanya Sementara

Rabu, 22 Mei 2019 – 20:29 WIB
WhatsApp Cs Down, Kominfo: Tenang Hanya Sementara - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Untuk mencegah hoaks yang terjadi dengan pengumuman hasil Pemilihan Umum Serentak 2019, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rudiantara menyatakan pemerintah melakukan pembatasan sementara dan bertahap sebagian akses platform media sosial dan pesan instan.

"Pembatasan itu dilakukan terhadap fitur-fitur platform media sosial dan messaging system. Tidak semua dibatasi dan bersifat sementara dan bertahap," ujar Rudiantara di Jakarta Rabu (22/5).

Rudiantara menjelaskan, penghentian ini dilakukan untuk mencegah konten negatif dan hoaks yang diviralkan melalui pesan instan.

"Kita tahu modusnya dalam posting (konten negatif dan hoaks) di media sosial. Di facebook, di instagram dalam bentuk video, meme atau gambar. Kemudian di-screen capture dan diviralkan bukan di media sosial tapi di messaging system WhatsApp," jelasnya.

Konsekuensi pembatasan itu, menurut Rudiantara akan terjadi pelambatan akses, terutama untuk unggah dan unduh konten gambar dan video.

"Kita semua akan mengalami pelambatan akses download atau upload video," jelasnya.

Rudiantara menegaskan pembatasan itu ditujukan untuk menghindari dampak negatif dari penyebarluasan konten dan pesan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan dan berisi provokasi.

"Kenapa karena viralnya yang dibatasi. Viralnya itu yang negatif. Banyak mudharatnya ada di sana," pungkasnya. (mg9/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar