Wiranto Sebut 99 Persen Penyebab Karhutla adalah Manusia, Sisanya Faktor Alam

Wiranto Sebut 99 Persen Penyebab Karhutla adalah Manusia, Sisanya Faktor Alam
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (10/6). Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menkopolhukam Wiranto memimpin rapat koordinasi penanganan kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kantornya, Rabu (21/8).

Rapat ini dihadiri Menko Perekonomian Darmin Nasutian, Menko PMK Puan Maharani, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Kepala BNPB Doni Monardo, Kepala LAPAN Thomas Djamaludin, hingga Kepala BRG Nazir Foead.

Menurut Wiranto, rapat koordinasi ini digelar untuk membahas penanggulangan karhutla yang terjadi selama kemarau 2019.

BACA JUGA: Wiranto: Malam Ini Saya Berangkat ke Papua, Jangan Dikompori Lagi

“Fokus rapat ini langsung ke titik api yang lebih besar dari tahun lalu pada bulan yang sama. Memang didukung dengan kondisi elnino. Sekarang kondisi elnino dalam keadaan lemah, maka kekeringan menjadi lebih kering lagi,” ujar Wiranto.

Selain itu, Wiranto juga mengatakan bahwa dari hasil analisis 99 persen penyebab karhutla di Indonesia akibat ulah manusia. “Satu persennya itu faktor alam,” sambung Wiranto.

Berdasarkan hasil analisis itu, dia meminta semua pihak lebih fokus menindak manusia yang menyebabkan karhutla.

BACA JUGA: Gol Pemain Baru Bawa Sriwijaya FC Tumbangkan Perserang

Menkopolhukam Wiranto memimpin rapat koordinasi penanganan kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kantornya, Rabu (21/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News