Wiranto Tak Ingin G 30 S/PKI Digoreng Jadi Komoditas Politik

Wiranto Tak Ingin G 30 S/PKI Digoreng Jadi Komoditas Politik
Menkopolhukam Wiranto. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengharapkan peristiwa G 30 S/PKI tidak dijadikan komoditas politik. Sebab, menjadikan isu itu sebagai komoditas politik terutama Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 hanya akan menimbulkan kegaduhan.

"Jangan sampai peristiwa G30S jadi komoditas politik jangka pendek maupun pilpres mendatang," ujar Wiranto didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu, (1/10).

Mantan Panglima ABRI itu menambahkan, menjadikan isu PKI sebagai komoditas politik bukanlah hal yang produktif. "Karena tidak fair, akan menimbukkan kegaduhan, menimbulkan suasana saling menyalahkan," tegasnya.

Pada akhirnya, kata dia, menggunakan isu PKI untuk komoditas politik hanya akan menganggu stabilitas nasional. "Akhirnya mengganggu pembangunan nasional, akhirnya mengangu kepentingan masyarakat," tambah mantan ajudan Presiden Soeharto itu.

Dia juga merasa heran lantaran upaya rekonsiliasi terkait pelanggaran hak asasi manusia (HAM) masa lalu termasuk soal tragedi 1965 terus dipolemikkan. "Yang goreng itu tanya, cari siapa yang goreng, apa maunya?" tukas Wiranto.(dna/JPC)


Menkopolhukam Wiranto menyatakan, menjadikan isu PKI sebagai komoditas politik bukanlah hal yang produktif karena bisa mengganggu pembangunan nasional.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News