WNI Korban Penipuan di Malaysia Selamat Berkat Komen di IG Jokowi

WNI Korban Penipuan di Malaysia Selamat Berkat Komen di IG Jokowi
Tulisan tangan seorang warga negara Indonesia yang mengaku diselundupkan ke Malaysia, saat diwawancara di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (24/2/2023). Foto: ANTARA/Virna P Setyorini

jpnn.com, PUTRAJAYA - Seorang warga negara Indonesia (WNI) yang mengaku diselundupkan ke Malaysia akan pulang ke Indonesia usai meminta pertolongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat akun resmi Instagram milik sang presiden.

“Iya saya ikutin IG (Instagram) nya (Presiden). Terus saya komentar. Setiap status dia saya komen lagi, saya komen lagi,” kata Astuti (bukan nama asli) WNI asal Jakarta, saat ditemui di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur, Jumat.

Menurut rencana, KBRI Kuala Lumpur akan memfasilitasi kepulangannya ke Jakarta pada Sabtu (25/2).

Dalam kurun waktu kurang dari satu bulan di Malaysia, Astuti mengaku sudah bekerja pada dua majikan berbeda. Dirinya tidak mengetahui pasti lokasi pertama bekerja, tetapi lokasi yang kedua berada di Putrajaya.

Ia mengaku tertipu setelah melihat iklan lowongan pekerjaan untuk luar negeri sebagai ART di Facebook dari akun seseorang bernama Nurul. Ia dan Nurul kemudian bertemu di Surabaya.

Menurut pengakuan Astuti, Nurul membawanya dirinya bertemu dengan seorang agen bernama Bu Asun di Kota Kediri, Jawa Timur. 

Astuti mengatakan jalur keberangkatannya ke Malaysia berawal dari Jakarta menuju Surabaya dengan mobil penumpang. 

Setelah itu, ia dibawa ke Kediri sebelum diterbangkan ke Batam melalui Surabaya, dan diselundupkan ke Malaysia melalui Johor Bahru hanya dengan berbekal paspor --tanpa memiliki visa kerja.

Seorang warga negara Indonesia (WNI) yang mengaku diselundupkan ke Malaysia akan pulang ke Indonesia usai meminta pertolongan Presiden Jokowi

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News