Wow... Ditemukan Benda Berusia 600 Tahun

Wow... Ditemukan Benda Berusia 600 Tahun
PENEMUAN : Bupati Gumas Arton S Dohong saat meninjau lokasi penemuan benda bersejarah di Desa Hantapang Kecamatan Rungan Hulu. (ARHAM SAID/RADAR SAMPIT)

jpnn.com - KUALA KURUN – Kabupaten Gunung Mas (Gumas) memiliki sejarah purbakala yang cukup banyak. Salah satu di antaranya berada di Desa Hantapang Kecamatan Rungan Hulu.

Baru-baru ini, tim peneliti arkeologi dari Banjarmasin dan Balai Pelestarian Budaya dari Kalimantan Timur melakukan penggalian. Hasilnya, tim menemukan bermacam-macam peralatan rumah tangga yang diperkirakan berumur 600 tahun.

Asisten I Setda Gumas Suprapto Sungan mengatakan, ada 12 kardus peralatan rumah tangga yang merupakan temuan dari hasil penggalian.

Ini adalah pekerjaan awal dalam rangka mengungkapkan fakta, sejarah dan peradaban masyarakat dayak di Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya Desa Hantapang, Kecamatan Rungan Hulu.

”Nantinya, tim arkeologi ini akan membawa sebagian dari hasil temuan itu untuk dilakukan penelitian, sejauh mana usia dari peradaban yang ada disitu,” ucapnya seperti dilansir Radar Sampit, Selasa (13/9).

Berdasarkan rekomendasi dari tim peneliti arkeologi, kata dia, agar lokasi ditutup atap. Tujuannya agar tiang-tiang kota, betang dan sandung yang masih ada di tempat itu akan terpelihara lebih lama.

”Berdasarkan koordinasi kami, mereka (peneliti) berjanji tetap akan melakukan penggalian dan penelitian. Meskipun, kendala yang ada saat ini terbatasnya tenaga ahli yang ada di Kalimantan dalam rangka melakukan penelitian,” tuturnya.

Saat ini, tambah dia, temuan peralatan bersejarah tersebut sudah diserahterimakan dari tim peneliti kepada masyarakat.

KUALA KURUN – Kabupaten Gunung Mas (Gumas) memiliki sejarah purbakala yang cukup banyak. Salah satu di antaranya berada di Desa Hantapang Kecamatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News