Wow, Kopi Temanggung Bakal Dipajang di Atlanta

Wow, Kopi Temanggung Bakal Dipajang di Atlanta
Petani kopi di Temanggung, Jawa Tengah sedang menjemur panenannya. Foto: Radar Kedu/JPG

jpnn.com - TEMANGGUNG — Kopi asal Temanggung, Jawa Tengah bakal semakin mendunia. Penyebabnya, kopi arabica dan robusta hasil panen petani di Kota Tembakau itu akan dipamerkan di ajang Speciality Coffee Association of America (SCAA) di Atlanta, Amerika Serikat, pada 14-17 April 2016 mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Mikro, kecil dan Menengah Kabupaten Temanggung, Ronny Nurhastuti mengatakan, even SCAA merupakan ajang bergengsi.“Pada ajang tersebut kami akan menampilkan kopi arabica dan robusta yang menjadi salah satu komoditas unggulan Temanggung,” katanya seperti diberitakan Radar Kedu (Jawa Pos Group).

Ia menjelaskan, dalam ajang SCAA itu setiap negara peserta bisa mempromosikan biji kopi andalannya. Untuk bisa jadi peserta juga tidak sembarangan. Sebab, kopi yang akan dipajang harus lolos seleksi SCAA.

Di Atlanta, kopi Temanggung bersama kopi Aceh akan mengisi stan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.  “Kopi Temanggung sebelumnya masuk delapan besar pada festival kopi di Swedia dan menang ajang kopi cita rasa Nusantara di Jakarta,” jelasnya.

Kopi asal Temanggung yang dipajang di SCAA pun tidak akan diproses dengan mesin. Sebab, proses pengolahannya  akan dilakukan secara  tradisional untuk memunculkan kesan eksotis.

Ia berharap, melalui ajang itu kopi Temanggung semakin dikenal di pasar internasional. Jika permintaan dari luar negeri semakin banyak, tentu akan berimbas pada pendapatan dan peningkatan kesejahteraan petani.

“Selama ini, kopi Temanggung sebenarnya sudah diekspor, tetapi melalui ekportir dari luar Temanggung. Ke depan diharapkan ada eksportir langsung dari Temanggung,” katanya. (jpg/ara/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News