Wow! Kulkas Baru Pesawat Kepresidenan Habiskan Rp 314 M

Wow! Kulkas Baru Pesawat Kepresidenan Habiskan Rp 314 M
Pesawat kepresidenan Amerika Serikat, Air Force One. Foto: Whitehouse.gov

jpnn.com, WASHINGTON - Air Force One bakal diperbarui. Bukan desain maupun kemampuan terbangnya, melainkan kulkasnya. Dua di antara lima kulkas di dalam pesawat kepresidenan Amerika Serikat (AS) itu akan diganti.

Meski yang diganti ’’hanya’’ kulkas, biaya yang dikeluarkan mencapai USD 23,6 juta atau setara Rp 314,15 miliar.

Unit pendingin yang akan diganti merupakan bawaan saat pesawat mulai dioperasikan pada 1990. ’’Unit tersebut dibuat dengan teknologi saat itu dan didesain untuk menyimpan makanan jangka pendek,’’ ujar Juru Bicara Air Force Ann Stefanek pada CNN.

Biaya penggantian pendingin tersebut membengkak karena pesawat kepresidenan memiliki perlakuan khusus. Ada biaya-biaya lain yang harus dimasukkan.

Misalnya, biaya uji coba yang dilakukan Administrasi Penerbangan Federal (FAA), desain prototipe, serta instalasi.

Sebelum jadi presiden, Donald Trump kerap mengkritik Obama. Pengeluaran Air Force One menjadi salah satu bahan kritikannya.

Bahkan, dia sempat berkoar akan menggunakan pesawat pribadinya jika menjadi presiden. Namun, saat benar-benar memimpin AS, Trump malah lebih sering menggunakan pesawat kepresidenan. (sha/c15/pri)


Dua dari lima kulkas di dalam pesawat kepresidenan Amerika Serikat akan diganti dalam waktu dekat. Biaya penggantian tersebut mencapai ratusan miliar


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News