Wow, Rp 49 Triliun Mengalir dari Pesisir Timur Tiongkok ke Indonesia Setiap Bulan

Wow, Rp 49 Triliun Mengalir dari Pesisir Timur Tiongkok ke Indonesia Setiap Bulan
Kapal tanker dan kargo di Selat Malaka kini terancam aksi komplotan bajak laut yang kembali muncul. Foto: AFP

jpnn.com, BEIJING - Daerah-daerah di pesisir timur Tiongkok memberikan kontribusi sekitar 40 persen dari total perdagangan negara tersebut dengan Indonesia.

"Komoditas perdagangan dari Indonesia memang berlabuh di pantai timur, selain juga di selatan, seperti Xiamen dan Hong Kong," kata Konsul Jenderal RI di Shanghai Deny Kurnia kepada ANTARA, Senin (21/12).

Ia menyebutkan total nilai perdagangan Indonesia dengan beberapa wilayah pesisir timur Tiongkok, yakni Jiangsu, Anhui, Shanghai, Zhejiang, dan Jiangxi bisa mencapai USD 3,5 miliar (Rp 49 triliun) per bulan.

"Daerah-daerah itu menyumbang 40 persen nilai total perdagangan bilateral Indonesia-Tiongkok," kata Deny.

Kepala Pusat Promosi Perdagangan Indonesia (ITPC) Shanghai Indra Prahasta menambahkan bahwa selama bulan Oktober 2020 saja nilai ekspor Indonesia ke Tiongkok meningkat 5,2 persen dibandingkan pada bulan Oktober 2019.

"Ini juga menunjukkan bahwa defisit neraca perdagangan kita dengan Tiongkok juga berkurang," ujarnya.

Baik Dany maupun Indra optimistis bahwa nilai perdagangan Indonesia dengan Tiongkok pada tahun depan akan naik lagi, apalagi tingkat konsumsi masyarakat Tiongkok juga mulai membaik setelah selama beberapa bulan dilanda wabah COVID-19.

Buah-buah segar dari Indonesia, sebut Deny, seperti pisang, kelengkeng, naga, salak, dan manggis juga diminati warga wilayah timur daratan Tiongkok itu.

Kontribusi kawasan pesisir timur Tiongkok terhadap neraca perdaganan Indonesia sangat luar biasa

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News