Wow, Segarnya Minuman Nusantara nan 'Nano - Nano'

Wow, Segarnya Minuman Nusantara nan 'Nano - Nano'
Wow, Segarnya Minuman Nusantara nan 'Nano - Nano'

Kekayaan kuliner Indonesia tidak hanya tampak pada makanan. Berbagai minuman juga sering menggambarkan betapa kaya khazanah alam negeri ini. Mulai bebuahan, kacang-kacangan, hingga rempah-rempah, semua menjadi atribut pelengkap kekayaan cita rasa minuman Nusantara.

SELAIN sebagai sajian saat menikmati makanan, minuman turut mengemban fungsi lain. Yaitu, sebagai wahana relaksasi dan pengobatan. Beberapa minuman juga hadir menggunakan rempah-rempah tradisional. Minuman-minuman itu menjadi pilihan yang tepat, terutama saat menghadapi musim pancaroba dengan peralihan cuaca hujan dan panas yang serta-merta.

Kayu secang merupakan salah satu jenis rempah yang banyak digunakan dalam berbagai jenis minuman. Meski ''secang'' merujuk pada nama salah satu daerah di Magelang, Jawa Tengah, bukan berarti secang tidak bisa ditemui di daerah lain.

Jenis pohon yang termasuk anggota polong-polongan tersebut tersebar merata hampir di seluruh wilayah Indonesia. Penyebutannya pun berbeda-beda. Seperti lacang di Sumatera Barat, sapang di Sulawesi Selatan, atau sepel di Pulau Timor. Kulit kayunya kerap mengeluarkan cairan merah yang menjadi sumber pewarna alam pada minuman atau pakaian.

Kekayaan kuliner Indonesia tidak hanya tampak pada makanan. Berbagai minuman juga sering menggambarkan betapa kaya khazanah alam negeri ini. Mulai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News