Wulan Guritno Butuh Ratusan Miliar, untuk Apa sih?

Wulan Guritno Butuh Ratusan Miliar, untuk Apa sih?
Wulan Guritno. Foto: Dok Jawa Pos

jpnn.com - WULAN Guritno punya kegiatan baru. Dia kini rajin membongkar-bongkar arsip film-film lawas produksi dalam negeri. Yang dipilih tentu yang berkualitas.

’’Film-film lama yang berkualitas itu nantinya akan direstorasi,’’ katanya di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Perempuan bernama asli Wulan Lorraine Guritno itu berada di kantor Kemendikbud untuk mengumumkan rangkaian program Hari Film Nasional 2015. Salah satu film yang bakal direstorasi adalah Tiga Dara (1956).

Menurut Wulan, film musikal itu sangat fenomenal. Film besutan sutradara Usmar Ismail yang menghadirkan Chitra Dewi, Mieke Wijaya, dan Indriati Iskak itu, menurut dia, di luar mainstream.

Jika berhasil direstorasi dan ditayangkan di bioskop secara luas, Tiga Dara bisa menyegarkan perfilman tanah air.

Namun, ongkos merestorasi film-film lawas tersebut tidak murah. Wulan memperkirakan butuh anggaran hingga Rp 2 miliar untuk merestorasi satu judul film jadul.

Padahal, film lawas Indonesia yang layak direstorasi mencapai 200 judul. Di antara sumber daya yang diharapkan adalah bantuan dari para dermawan dan pemerintah.

Bagi perempuan kelahiran London, 14 April 1980 tersebut, film merupakan bagian penting dari sejarah suatu bangsa. ’’Apabila ada film yang hilang, hilanglah salah satu bagian dari sejarah bangsa,’’ katanya. (wan/c15/sof)

WULAN Guritno punya kegiatan baru. Dia kini rajin membongkar-bongkar arsip film-film lawas produksi dalam negeri. Yang dipilih tentu yang berkualitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News