JPNN.com

Xi Jinping Resmi Jadi Presiden Tanpa Batas

Sabtu, 17 Maret 2018 – 23:59 WIB
Xi Jinping Resmi Jadi Presiden Tanpa Batas - JPNN.com

jpnn.com - Xi Jinping kembali diangkat menjadi presiden Tiongkok, Sabtu (16/3). Kali ini jabatan tersebut dipegangnya tanpa batas waktu.

Pada Kongres Rakyat Nasional, badan legislaif Tiongkok juga menunjuk Wang Qishan untuk menjadi wakil presiden.

Pemungutan suara tersebut disaksikan oleh para awak media di dalam Balai Besar Rakyat Beijing.

Xi dan Wang mendapat tepuk tangan meriah setelah menang mutlak dari 2.970 suara seperti dikutip dari AFP dan SCMP. Hanya satu delegasi yang menentang penunjukan Wang sebagai Wapres.

Tidak sebanding dengan 2.969 orang yang setuju. Jumlah suara yang dimenangkan XI naik dibanding 2013. Saat itu, Xi menerima 2.952 suara.

Xi dianggap menjadi pemimpin Tiongkok yang paling kuat sejak Mao Zedong. Beberapa pekan lalu, ia juga diberi mandat dan hak oleh parlemen untuk terus bertugas tanpa batas waktu. Itu berarti dia menjabat sebaai presiden tanpa adanya batas waktu.

Pejabat di Tiongkok mengatakan bahwa keputusan tersebut membawa hal positif dan akan membuat keputusan menjadi sejalan. Sebab, Xi juga menjabat sebagai kepala Partai Komunis dan Komandan Angkatan Bersenjata.

Namun, para kritikus mengatakan bahwa hal ini akan menyebabkan meningkatnya represi politik dan kemungkinan adanya pertikaian antar partai politik yang ingin mempromosikan kandidat mereka sendiri di dalam sistem tertutup.

Sumber Jawapos.com

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil