Yakin Masih Ada Tsunami saat Malam, Pilih Tidur di Hutan

Yakin Masih Ada Tsunami saat Malam, Pilih Tidur di Hutan
Foto : Raka Deny/Jawa Pos
Gempa 7,2 skala Richter (SR) yang memicu tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Senin lalu (25/10), merupakan bencana dengan penanganan tersulit di Indonesia. Distribusi logistik ke titik-titik terparah terkendala akses transportasi dan cuaca. Seperti apa kondisi mereka?

==========================
 ZULHAM MUBARAK, Mentawai
==========================
 

SENIN malam pekan lalu (25/10), langit di sebagian wilayah Mentawai terlihat cerah. Tanpa memiliki firasat, warga kepulauan yang mayoritas bekerja sebagai nelayan dan petani itu beraktivitas seperti biasa.

Kebanyakan penduduk di kepulauan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia tersebut tinggal di daerah pesisir dan memilih laut sebagai halaman depan rumah mereka. Tepat pukul 21.42 malam itu, bumi berguncang. Semenit setelah itu, semua tayangan televisi menghentikan siaran dan peringatan dini gempa 7,2 SR yang berpotensi tsunami ditampilkan.

 

Bagi warga Eru Paraboat, Pulau Pagai Selatan, peringatan tersebut merupakan hal yang serius. Warga langsung berlarian ke luar rumah dan bersiap melakukan evakuasi. Beberapa di antaranya bahkan berlari ke laut untuk memastikan ancaman tsunami. Namun, setelah beberapa menit berlalu, tidak terjadi apa-apa. Ketika itulah gempa susulan 4,6 SR terjadi.

Gempa 7,2 skala Richter (SR) yang memicu tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Senin lalu (25/10), merupakan bencana dengan penanganan tersulit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News