Yakinlah, TNI Netral Dalam Pelaksanaan Pemilu 2019

Yakinlah, TNI Netral Dalam Pelaksanaan Pemilu 2019
Kasum TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto (kedua kanan) bersama Mendagri (tengah) acara Rakornas Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Jakarta, Rabu (27/3). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - TNI dan Polri didukung komponen bangsa lainnya telah melakukan gelar pasukan untuk meyakinkan kepada masyarakat agar penyelenggaraan Pemilu 2019 dapat berjalan aman dan lancar. TNI secara tegas menyatakan netral dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019.

“Sesuai dengan perintah Panglima TNI yakinlah bahwa TNI netral dalam Pemilu dan tidak perlu diragukan lagi tentang Netralitas TNI,” kata Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto mewakili Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat menjadi arasumber pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Grand Paragon Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2019).

BACA JUGA: Jokowi Yakin Netralitas TNI Tetap Terjaga

Kasum TNI menyebutkan ada empat hal tugas TNI dalam Pemilu tahun 2019 yaitu melaksanakan pemetaan daerah rawan konflik, memaksimalkan perbantuan kepada Polri, melaksanakan pembinaan teritorial dan mengoptimalkan peran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda).

Yakinlah, TNI Netral Dalam Pelaksanaan Pemilu 2019

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto (podium). Foto: Puspen TNI

“Semua itu untuk dapat mendeteksi, mencegah dan melokalisir sedini mungkin kejadian atau konflik agar tidak menjadi besar dan membutuhkan tenaga besar besar untuk mengatasi masalah tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut, TNI telah melakukan berbagai bantuan dalam menyukseskan pesta demokrasi Pemilu tahun 2019, mulai dari tahap sebelum pemungutan suara seperti pengiriman logistik Pemilu ke berbagai wilayah terpencil yang susah dijangkau dan penempatan pasukan TNI yang ditentukan oleh Polri sebagai pemegang Komando Pengamanan Pemilu.

Sesuai dengan perintah Panglima TNI yakinlah bahwa TNI netral dalam Pemilu dan tidak perlu diragukan lagi tentang Netralitas TNI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News