Yandri Susanto: Ekspor Perdana Bahan Makanan untuk Haji Jadi Tonggak Sejarah Penting

Yandri Susanto: Ekspor Perdana Bahan Makanan untuk Haji Jadi Tonggak Sejarah Penting
Wakil Ketua MPR Yandri Susanto menyebut ekspor perdana bahan makanan untuk kebutuhan haji 2023 menjadi tonggak sejarah sangat penting bagi rakyat Indonesia. Foto: dokumentasi humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Yandri Susanto mengapresiasi keberhasilan Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Koperasi dan UKM serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melepas ekspor perdana bahan makanan untuk pemenuhan kebutuhan haji 2023.

"Inilah pertama kalinya kita bisa mengekspor bahan makanan untuk para jemaah haji, dan inilah tonggak sejarah yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, yang harus selalu kita ingat," kata Yandri Susanto, Rabu (19/4).

Menurut Yandri, keberhasilan tersebut memiliki nilai sejarah yang sangat besar, karena untuk pertama kali bangsa Indonesia bisa mengirim bahan makanan bagi jemaah haji di Arab Saudi.

Padahal keinginan mengekspor bahan makanan ke Saudi itu sudah ada sejak Indonesia merdeka.

Namun berbagai persoalan terus menghalangi sehingga terus tertunda.

"Sudah triliunan rupiah kita keluarkan untuk pembiayaan haji, tetapi tidak ada sepeserpun uang yang bisa mengalir untuk membantu kesejahteraan rakyat Indonesia," kata Yandri Susanto saat pelepasan ekspor perdana bahan makanan untuk pemenuhan kebutuhan haji 2023 di Container Depo Centre (CDC) Banda, Jalan Banda, Tanjung Priok, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (17/5).

Prosesi pelepasan ekspor perdana itu ditandai dengan pengguntingan pita dan penutupan pintu peti kemas untuk segera dikirim ke Saudi Arabia.

Ikut hadir pada acara tersebut Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, perwakilan kemendag serta jajaran pengurus Kadin.

Wakil Ketua MPR Yandri Susanto menyebut ekspor perdana bahan makanan untuk kebutuhan haji 2023 menjadi tonggak sejarah sangat penting bagi rakyat Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News