Yang Dikasih Amnesti Jangan Cuma Din Minimi

Yang Dikasih Amnesti Jangan Cuma Din Minimi
Anggota Komisi III DPR Tjatur Sapto Edi. FOTO: Riau Pos/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Anggota Komisi III DPR Tjatur Sapto Edi mengingatkan Presiden Joko Widodo untuk bijak dan berhati-hati bila ingin merealisasikan saran Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso untuk memberi amnesti pada Din Minimi dan kelompoknya.

Hal ini disampaikan politikus PAN tersebut menanggapi sikap Forum Komunikasi Anak Bangsa (Forkab) Aceh, yang mengancam angkat senjata bila Presiden Joko Widodo memberikan amnesti pada kelompok bersenjata pimpinan Din Minimi.

“Memberikan amnesti sebetulnya jangan hanya untuk Din Minimi. Kami berharap dengan amnesti kepada kelompok bersenjata di Aceh, bisa menyelesaikan semua masalah separatis. Kalau tidak bisa tiap bulan ada amnesti,” kata Tjatur di gedung DPR Jakarta, Rabu (27/1).

Karena itu, mantan Ketua Fraksi PAN DPR itu menyarankan sebelum keputusan pemberian amnesti untuk Din Minimi diambil Presiden Jokowi, semua kelompok bersenjata yang ada di Serambi Mekah harus dikumpulkan.

“Jadi himpun dulu semua. Din Minimi hanya triger, sehingga harus ada kebijaksaan dan keadilan. Maka dengan pemberian amnesti semua kelompok separatis di Aceh selesai. Jadi Din Minimi jadi simbol (berakhirnya separatis),” tambahnya.

Sebelumnya Forkab Aceh menilai jika pengampunan diberikan pada kelompok bersenjata itu sama saja pemerintah melegalkan perlawanan bersenjata.

Menurut mereka, Din dkk telah melanggar hukum atas kepemilikan senjata ilegal sehingga harus ditindak tegas.(fat/jpnn)


JAKARTA – Anggota Komisi III DPR Tjatur Sapto Edi mengingatkan Presiden Joko Widodo untuk bijak dan berhati-hati bila ingin merealisasikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News