Yasonna Sebut Gerakan Penghijauan PDIP Terus Berlanjut Sesuai Perintah Ketua Umum

Yasonna Sebut Gerakan Penghijauan PDIP Terus Berlanjut Sesuai Perintah Ketua Umum
PDIP kembali mewujudkan politik hijau melalui Gerakan Penghijauan Gelombang lll, yang diimplementasikan dengan menanam pohon di area Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, dan aksi tanam pohon, serta tebar benih ikan di Waduk Rawa Lindung, Jakarta Selatan. Area penanaman di GBK sudah disiapkan. Foto: PDIP.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Yasonna Laoly mengatakan pihaknya terus menyemarakkan program penghijauan dan peduli lingkungan yang dicanangkan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Yasonna juga mengharapkan kegiatan penghijauan yang kerap dilaksanakan PDI Perjuangan bisa menular ke masyarakat.

Yasonna mengungkap itu saat bersama DPP PDIP melakukan aksi penanaman ratusan pohon di kawasan GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (21/3) pagi. Aksi ini merupakan politik hijau PDIP yang diimplementasikan melalui Gerakan Penghijauan, yang sudah memasuki gelombang ketiga.

"Jadi ini tadi sudah diinstruksikan oleh Ibu Ketua Umum bukan hanya sekali ini saja. Ini Ibu Ketua Umum mengajarkan kepada kami untuk mencintai kehidupan, mencintai lingkungan, ini juga partai politik tidak hanya juga berpikir tentang politik dalam artian politik kebangsaan dan lain-lain, tetapi juga politik kehidupan," kata Yasonna.

Yasonna menjelaskan, kegiatan penanaman pohon ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan. Salah satu hal yang mendasar dan langsung dirasakan manusia ialah oksigen. "Jadi ini sangat penting," tambah dia.

Menteri Hukum dan HAM itu menjelaskan bahwa pengurusnya di jajaran daerah juga mendapat perintah untuk terus melakukan penanaman pohon. Yasonna mengajak masyarakat juga melakukan hal yang sama.

"Saya harap ini juga jadi kegiatan untuk bisa ditiru oleh masyarakat lainnya. Problem kami terutama di perkotaan-perkotaan, kekurangan oksigen. Orang-orang lebih banyak membangun gedung-gedung dan taman jadi daerah resapan yang baik untuk kita," jelas Yasonna.

Kegiatan penanaman pohon DPP PDI Perjuangan dipusatkan di GBK dan Waduk Rawa Lindung, Jakarta. Di GBK ratusan pohon ditanam. Setidaknya ada 24 jenis pohon, yaitu Baobab, Ebony, Eben Merak, Hopea, Ulin, Kepel, Asam, Genip, Pala, Mahoni Afrika, Cassia Fistula, Buni, Anggur Laut, dan Keben.

Sedangkan di Waduk Rawa Lindung di Pesanggarahan, Jakarta Selatan ditanam sekitar 300 pohon buah yakni mangga, dan rambutan. Lalu menebar benih ikan yakni ikan nila, ikan mujair, ikan mas dan ikan lele. (tan/jpnn)

PDI Perjuangan terus menyemarakkan program penghijauan dan peduli lingkungan yang dicanangkan oleh Megawati Soekarnoputri. Kali ini, GBK jadi sasaran.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News