Yes! Jumlah Wisman Juli 2016 Tembus 1 Juta Orang

Yes! Jumlah Wisman Juli 2016 Tembus 1 Juta Orang
Turis manca negara di Indonesia. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Kunjungan wisatawan mancanegara meningkat dan mencapai rekor pada Juli  2016. Angkanya mencapai 1,03 juta kunjungan atau meningkat 20,42 persen dibanding bulan sebelumnya. Bila dibanding periode yang sama di 2015, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara naik 17,68 persen.

"Ini adalah jumlah kunjungan terbesar dalam tujuh bulan terakhir di tahun 2016. Wisman Tiongkok naik signifikan, persis dengan yang kami perhitungan sebelumnya. Total 6,3 juta capaian, dari proyeksi 6,1 juta, jadi masih surplus 200 ribuan," ujar Menpar Arief Yahya di Jakarta. 

Apa makna capaian 1 juta wisman itu? Menpar menyebut itu akan menaikkan kepercayaan diri untuk mengejar target 12 juta di tahun ini. Menurutnya, ini juga menaikkan kepercayaan diri merebut target 20 juta wisman di 2019.

 "Pariwisata itu cara yang paling murah, cepat dan mudah untuk mendapatkan devisa. Biaya promosi itu hanya 0,4 persen dari target proyeksi," imbuh Arief. 

Arief mengatakan, hanya sektor inilah penyumbang PDB, devisa dan lapangan kerja yang paling mudah, murah dan cepat. “Soal PDB, pariwisata menyumbang 10% PDB nasional, dengan nominal tertinggi di ASEAN. Selama ini kita itu angkanya selalu buruk, di sini kita terbaik di regional kan!” katanya.

Kedua, PDB pariwisata nasional tumbuh 4,8% dengan trend naik sampai 6,9%, jauh lebih tinggi daripada industri agrikultur, manufaktur otomotif dan pertambangan. Ketiga, devisa pariwisata USD 1 Juta, menghasilkan PDB USD 1,7 Juta atau 170%. Itu terbilang tertinggi dibanding industri lainnya.

“Jadi kalau selama ini orang mengkategorikan industry itu menjadi migas dan non migas, maka kelak industry itu akan menjadi pariwisata dan non pariwisata,” jelas Arief.

Soal devisa? Saat ini Pariwisata masih menempati posisi ke-4 penyumbang devisa nasional, sebesar 9,3% dibandingkan industri lainnya. Tapi, pertumbuhan penerimaan devisa pariwisata itu tertinggi, 13%. Industri minyak gas bumi, batubara, dan minyak kelapa sawit yang pertumbuhannya negatif.

JAKARTA--Kunjungan wisatawan mancanegara meningkat dan mencapai rekor pada Juli  2016. Angkanya mencapai 1,03 juta kunjungan atau meningkat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News