Hubungan TNI-Polri Tetap Harmonis jika BG jadi Kepala BIN

Hubungan TNI-Polri Tetap Harmonis jika BG jadi Kepala BIN
TN. Foto: dok.JPNN

JAKARTA  - Pengamat intelijen Al Chaidar mengatakan penunjukan Wakapolri Komjen Budi Gunawan sebagai kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tidak akan menimbulkan kegaduhan. Dia menegaskan, terpilihnya BG sebagai orang nomor satu di lembaga "mata-mata" negara itu tidak akan membawa perpecahan di antara TNI dan Polri.

"Saya kira tidak akan muncul kegaduhan tentang instansi Polri (memimpin BIN), karena antara polisi dan militer sama dalam hal intelijen," kata Al Chaidar, Sabtu (3/9).

Dia pun menilai langkah Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen BG sebagai kepala BIN sudah tepat. Menurut dia, BG memiliki kemampuan intelijen yang tidak perlu diragukan lagi. 

"BG adalah tokoh polisi senior yang sangat mumpuni dalam bidang intelijen," kata Al Chaidar.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi mengutus Menteri Sekretaris Negara Pratikno ke DPR menyerahkan surat berisi penunjukan BG sebagai kepala BIN. DPR akan segera menindaklanjuti dengan melakukan uji kepatutan dan kelayakan, setelah surat dibacakan di sidang paripurna pekan depan.
(boy/jpnn)
 


JAKARTA  - Pengamat intelijen Al Chaidar mengatakan penunjukan Wakapolri Komjen Budi Gunawan sebagai kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tidak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News