YLKI: Jangan Paksakan Bandara Kertajati jadi Embarkasi

YLKI: Jangan Paksakan Bandara Kertajati jadi Embarkasi
Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Rencananya Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, mulai diroperasikan pada Mei 2018. Beredar kabar bandara anyar itu bakal menjadi embarkasi atau titik pemberangkatan jemaah haji 2018.

Ketua Pengurus Harian YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) Tulus Abadi mengingatkan pemerintah agar tidak memaksakan Bandara Kertajati menjadi Embarkasi haji. Diantara yang jadi pertimbangan Tulus adalah panjang landasan pacu (runway) yang masih 2.500 meter.

"Untuk mengangkut jemaah haji diperlukan pesawat berbadan lebar. Seperti Airbus A330 atau Boeing 777," katanya. Nah untuk bisa dilandasi pesawat jumbo itu, landasan pacunya harus minimal 3.000 meter.

"Jangan hanya karena ingin pencitraan, kemudian aspek keamanan penerbangan diabaikan," tandasnya. Tulus mengatakan pihak maskapai penerbangan haji jangan dipaksa merekayasa teknis supaya tetap bisa menggunakan landasan pacu yang kurang dari 3.000 meter.

Atau misalnya rekayasa jadwal penerbangan dengan transit dahulu di bandara Soekarno-Hatta atau Kualanamu dahulu untuk isi bahan bakar.

Oleh karena itu demi keamanan jemaah, Tulus berharap bandara Kertajati tidak dipaksakan menjadi Embarkasi.

Dia mengakui dari sisi kebutuhan pemberangkatan jamaah haji, Jawa Barat memang idealnya butuh embarkasi baru. Apalagi jemaah haji asal Jawa Barat jumlahnya mencapai 20 persen dari total kuota. (wan)


YLKI mengingatkan agar pemerintah tidak memaksakan Bandara Kertajati menjadi embarkasi haji lantaran panjang runway hanya 2.500 meter.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News