YLKI Minta Kemenhub Usut Tuntas Penyebab Tewasnya 12 Pemudik di Tol

YLKI Minta Kemenhub Usut Tuntas Penyebab Tewasnya 12 Pemudik di Tol
Ilustrasi. Doto: Dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan mengusut tuntas terkait dengan pemberitaan kemacetan di Tol Brebes Timur yang mengakibatkan 12 orang meninggal. 

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi mengatakan, pengusutan terkait pemberitaan tersebut sangat penting untuk dilakukan. Sehingga, tidak menyebabkan simpang siur terkait meninggalnya 12 orang tersebut.

"Ini urgen untuk menunjukkan atau membuktikan kepada publik, apakah meninggalnya 12 orang tersebut dipicu atau disebabkan oleh efek kemacetan atau tidak," kata Tulus, Kamis (7/7). 

Menurut Tulus, proses pengusutan bisa dilakukan dengan melibatkan tim independen. Apabila dari hasil pengusutan diketahui bahwa 12 orang itu meninggal karena dampak langsung kemacetan, maka pemerintah dan pengelola tol harus bertanggungjawab, baik secara perdata dan pidana. 

"Secara perdata, pengelola tol wajib memberikan kompensasi dan ganti rugi pada ahli waris korban," ungkap Tulus. (gil/jpnn)

JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan mengusut tuntas terkait dengan pemberitaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News