Sabtu, 20 Juli 2019 – 12:04 WIB

YLKI: Pengunduran Diri 17 Dokter Spesialis Langgar Sumpah

Minggu, 10 Desember 2017 – 09:09 WIB
YLKI: Pengunduran Diri 17 Dokter Spesialis Langgar Sumpah - JPNN.COM

Dokter. Ilustrasi: The Telegraph

jpnn.com, JAKARTA - Langkah 17 dokter spesialis yang mengundurkan diri dari status PNS di Sulawesi Barat disayangkan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Menurut Ketua YLKI Tulus Abadi, harusnya para dokter spesialis ini tidak terburu-buru mengundurkan diri. Apalagi ada sumpah dokter yang harusnya dipegang teguh.

"Patut disayangkan ya karena dokter spesialis kan sangat dibutuhkan daerah-daerah. Kalau ada yang nggak match harusnya diutarakan baik-baik dan bukan ambil keputusan mengundurkan diri," kata Tulus kepada JPNN.com, Minggu (10/12).

Dari sisi hubungan keperdataan atau hubungan tenaga kerja, lanjut Tulus, benar itu hak dokter. Namun, dari sisi profesi kedokteran aksi itu bisa dikatakan sebagai tindakan yang tidak etis. Bahkan melanggar etika profesi kedokteran.

"Kami sangat menyesalkan kejadian ini. Karena akibat aksi tersebut akan menelantarkan pasien yang seharusnya ditolong," tegasnya

Tulus juga mempertanyakan ikrar yang sudah diucapkan dokter manakala mereka dilantik. Dokter harusnya mengutamakan kepentingan pasien di atas lainnya.

"Ini adalah sumpah profesi dokter, menolong pasien yang seharusnya ditolong. Kalau mereka mengundurkan diri otomatis melanggar sumpahnya sendiri," pungkasnya. (esy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar