YLKI: Sasaran Pertama Mobil Pribadi

YLKI: Sasaran Pertama Mobil Pribadi
YLKI: Sasaran Pertama Mobil Pribadi
JAKARTA -- Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumsen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi meminta agar pemerintah bersikap tegas dengan melarang seluruh mobil pribadi menggunakan BBM bersubsidi. "Pemerintah ini nyalinya kecil, kurang berani mengambil kebijakan. Harusnya tidak perlu membuat kebijakan yang rumit, larang saja semua kendaraan pribadi membeli BBM subsidi," ujar Tulus di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, seluruh opsi pembatasan konsumsi BBM bersubsidi yang sedang diwacanakan pemerintah, secara teknis akan sulit diterapkan di lapangan. Tulus justru mempertanyakan keberpihakan pemerintah jika para pemilik mobil yang masuk golongan mampu masih terus mendapatkan subsidi. "Masa tarif kereta api ekonomi yang untuk rakyat kecil dinaikkan, sementara mobil pribadi masih disubsidi," ketusnya.

Tulus menilai BBM bersubsidi sebenarnya hanya layak dikonsumsi oleh transportasi umum sehingga seluruh kendaraan pribadi termasuk motor seharusnya dilarang untuk menggunakan solar dan premium.

"Tapi karena pemilik motor belum tentu orang mampu dan secara politis ini juga sulit direalisasikan dalam waktu dekat, maka sebaiknya mobil pribadi dulu yang dilarang. Harusnya kendaraan umum saja yang disubsidi," jelasnya. (wir)
Berita Selanjutnya:
Bandara Ngurah Rai Diperluas

JAKARTA -- Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumsen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi meminta agar pemerintah bersikap tegas dengan melarang seluruh


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News