Yogyakarta Dipastikan Akan Panen Padi Setiap Hari

Panen Padi di Yogya Dipastikan Momon Rusmono Berlangsung Tiap Hari hingga Maret

Yogyakarta Dipastikan Akan Panen Padi Setiap Hari
Panen padi di Yogyakarta. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, YOGYAKARTA - Produksi padi dan stok beras di Yogyakarta dipastikan aman hingga Maret ke depan. Seluruh kabupaten di Yogyakarta menyatakan mulai panen bulan ini hingga panen raya pada Maret 2018 dengan estimasi lahan siap panen rata-rata 30.000 per bulan.

Hal itu dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Momon Rusmono, di Kabupaten Sleman, Yogyakarta usai panen di Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan didampingi Bupati Sri Purnomo dan Staf Ahli Mentan, Ani Andayani.

"Saya sudah enam hari melakukan panen padi, dan hari ini yang kedua setelah di Kabupaten Gunung Kidul, dan besok di Kabupaten Kulonprogo sehingga dapat dipastikan tiada hari tanpa panen padi di seluruh Yogyakarta hingga panen raya pada Maret mendatang," kata Momon Rusmono.

Dia menambahkan, total luas panen Januari 2018 di Yogyakarta mencapai 30.000 hektar, dan 5.000 hektar di antaranya berada di Sleman.

Momon Rusmono mengatakan, meski di masa paceklik pada November sampai Januari 2018 di berbagai wilayah Indonesia, Yogyakartya tetap melakukan panen dan stok beras cukup.

Pernyataan Momon dibenarkan oleh petani setempat. Seperti dikemukakan Ketua Kelompok Tani (Poktan) Tanirejo, Lipur. Dia juga mengharapkan pemerintah tidak mengimpor beras, karena kebijakan tersebut akan merugikan para petani di Yogyakarta dan seluruh Indonesia.

Dalam panen bersama petani itu tampak hadir Dandim 0732 Sleman Letkol (Arm) Joko Sudjarwo; Kepala Dinas Pertanian Yogyakarta, Maman Suherman; Kepala Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Ali Rachman; Kepala Bidang Kelembagaan dan Ketenagaan Pusdiktan, Teddy Rachmat Mulyadi.

Produktivitas padi lokal yang dipanen di Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan adalah 7,4 ton gabah kering panen (GKP) atau 6,3 ton gabah kering giling (GKG) per hektar. Luas lahan siap panen untuk Januari 2018 sekitar 100 hektar dari total lahan 300 hektar di Desa Madurejo.

Produksi padi dan stok beras di Yogyakarta dipastikan aman hingga Maret ke depan. Petani di Yogyakarta menyatakan mulai panen bulan ini hingga panen raya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News