Yuddy Minta Kemendagri Segera Ditata

Yuddy Minta Kemendagri Segera Ditata
Yuddy Minta Kemendagri Segera Ditata

jpnn.com - JAKARTA--Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemen-DDTT) menjadi prioritas utama penataan struktur organisasi kementerian. Pasalnya, Kemendagri merupakan poros pemerintahan nasional.

Hal itu dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnasndi, saat mengadakan kunjungan ke Kemendagri, Kamis (20/11).

“Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi akan menjadi prioritas utama, dan ditargetkan rampung akhir November ini," ujarnya.
 
Yuddy mengingatkan, semua organisasi pemerintahan harus dibuat strukturnya sedemikian rupa sehingga memiliki respon cepat, efisien, efektif, dan produktif. Jadi penataan kelembagaan merupakan langkah mutlak.

"Untuk menata birokrasi menjadi ramping dan simpel dilaksanakan dengan audit organisasi. Setiap kementerian dan lembaga (K/L) mempunyai masalah struktur organisasi yang berbeda, dan yang paling tahu keadaan di dalam organisasi itu adalah instansinya sendiri," tuturnya.

Secara prinsip audit organisasi bisa dilakukan masing-masing pejabat di tingkat eselon I untuk melihat apakah unit organisasi yang dipimpinnya itu sudah efisien melaksanakan tugasnya atau terlalu berlebihan.

“Jangan ada fungsi ganda, tidak boleh ada duplikasi fungsi dengan yang lain unit atau organisasi lain. Sebaiknya yang memiliki duplikasi fungsi dihilangkan salah satunya kemudian digabungkan di dalam satu unit organisasi,” tegasnya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemen-DDTT) menjadi prioritas utama penataan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News