Yuddy Minta Pemda Kalkulasi Kebutuhan CPNS dari Lulusan IPDN

Yuddy Minta Pemda Kalkulasi Kebutuhan CPNS dari Lulusan IPDN
MenPAN-RB, Yuddy Chrisnandi. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JATINANGOR - Pola penerimaan Pegawai Negeri sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilaksanakan pemerintah akan bergeser dari base on recruitment ke base on requirement.

Proses seleksi tidak lagi didasarkan pada pengerahan/usulan yang sifatnya kuantitatif, tetapi pada kebutuhan objektif instansi yang secara kualitatif akuntabel.

Demikian disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi saat menyampaikan ceramah umum di hadapan para Sekda dan BKD provinsi/kabupaten/kota se-Indonesia di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Kamis (20/8).

Pada kesempatan itu Yuddy meminta instansi daerah segera merapikan pola pengajuan kebutuhan formasi pegawai.

"Saya harap para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) segera menyampaikan desain dan analisis kebutuhan pegawai untuk lima tahun ke depan, berdasarkan kebutuhan objektif melalui analisis jabatan dan analisis beban kerja. Kirimkan melalui  e-formasi," kata Yuddy.

Penentuan berapa jumlah formasi Praja IPDN, harus berdasarkan analisis kebutuhan objektif.

"Karena itu, silakan saudara identifikasi berapa kebutuhan pegawai dengan kualifikasi berasal dari lulusan IPDN," kata Yuddy.

Guru besar Unas ini menyampaikan teknis pelaksanaan tes dalam rangka seleksi CPNS kini lebih ketat, transparan dan memangkas praktik manipulatif melalui penggunaan Computer Assited Test (CAT).

JATINANGOR - Pola penerimaan Pegawai Negeri sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilaksanakan pemerintah akan bergeser dari base on

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News