Yuk Cegah Maag Akut dengan Yogurt

Yuk Cegah Maag Akut dengan Yogurt
Ilustrasi. Foto: meetdoctor.com

jpnn.com - Penyakit maag tidak bisa dianggap sepele. Maag adalahn gangguan pada sistem pencernaan yang paling umum dan banyak ditemui di masyarakat luas. Maag dapat bersifat kronis atau akut, tergantung dari kondisi dan berapa lama maag itu terjadi. Maag akut umumnya terjadi akibat adanya pembengkakan yang terjadi pada selaput dinding lambung yang diakibatkan oleh adanya virus dan bakteri yang hidup dan menggerogoti bakteri baik dalam lambung dan usus.

 Bila Anda tidak ingin menderita karena maag, jagalah kesehatan pencernaan Anda. Laman Meetdoctor.com mengungkapkan, salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah dengan mengonsumsi yogurt secara rutin. 

Yogurt dengan maag, bukankah mengonsumsi yogurt yang memiliki rasa asam akan berdampak kurang baik bagi maag? Anda salah. Justru yogurt bisa meminimalisir munculnya maag. Bakteri baik yang ada di dalam lambung manusia, sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu mencerna makanan secara maksimal dan memberikan perlindungan melawan kuman. Dan  bakteri baik ini  hanya akan terus ada jika Anda rutin mengonsumsi makanan yang baik dan menyehatkan, seperti yogurt. 

Mengonsumsi yogurt yang terbuat dari susu fermentasi dengan kualitas tinggi dan rasa asam yang pas, akan membantu mengembalikan system keseimbangan alami dalam pencernaan Anda, dengan menghalau bakteri-bakteri yang tidak sehat dari dalam pencernaan. Pasalnya, jenis bakteri baik dalam pencernaan adalah jenis bakteri yang sama dengan yang digunakan untuk membuat yogurt. Jadi, bakteri-bakteri baik dalam pencernaan kita yang telah mati karena gaya hidup yang tidak sehat dapat digantikan secara efektif dengan mengonsumsi yogurt secara rutin. Bakteri ini pun akan bertindak sebagai antibiotik alami dan memberikan kekuatan anti radang pada pencernaan. 

Bagi pemilik masalah pencernaan seperti maag, bakteri baik dalam yogurt akan membantu melindungi dinding pencernaan dari H. pylori bacterium, sejenis bakteri penyebab terjadinya maag dan yang menyebabkan terjadinya gastritis. Bakteri tertentu yang dapat ditemukan dalam beberapa jenis yogurt seperti L. acidophilus dan L. gasseri, dapat melawan H. pylori penyebab infeksi dan menghancurkan bakteri penyebab gastritis. Efek samping dari konsumsi antibiotic rutin akibat maag yang Anda derita juga dapat dikontrol dan diredakan oleh yogurt.

Masalah pencernaan berupa maag, terutama maag akut, terkadang tidak akan berhenti sampai di situ saja dan bisa berkembang hingga menyebabkan kondisi pencernaan lainnya, seperti radang usus, radang pencernaan atau inflammatory bowel disease (IBD), hingga kemungkinan terjadinya kanker usus. 

Dalam kasus radang usus, konsumsi antibiotic secara terus-menerus akibat adanya maag, bisa membunuh bakteri acidophilus yang baik bagi usus Anda, sehingga usus pun meradang dengan kelebihan gas, mudah mengalami diare bahkan wasir. Dengan mengonsumsi yogurt yang mengandung kultur aktif bakteri acidophilus, hal ini bisa diatasi.

Agar bisa menjaga pencernaan Anda secara maksimal, selalu pilihlah yogurt berkualitas tinggi. Telitilah dalam memilih yogurt, dengan selalu membaca nutrition facts-nya untuk mengetahui kandungan yang ada di dalam yogurt. Pilih yogurt  yang memiliki kadar kalsium yang tinggi, rendah kadar lemak dan gulanya, serta mengandung probiotik dan serat untuk menyehatkan pencernaan. Selain memilih yogurt yang berkualitas, pilih juga yang tidak terlalu asam sehingga aman untuk asam lambung. Yuk, konsumsi yogurt berkualitas baik dengan rasa asam yang pas, secara rutin untuk kesehatan pencernaan Anda dan membebaskan Anda dari maag. (meetdoctor/flo/jpnn)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News