Yusuf Islam Masuk Nominasi Rock and Roll

Yusuf Islam Masuk Nominasi Rock and Roll
Yusuf Islam. Getty Images

jpnn.com - DAFTAR nominasi Rock and Roll Hall of Fame 2014 telah diumumkan. Nirvana yang memulai debutnya di tahun 1987 akhirnya masuk nominasi penghargaan cadas ini.  Demikian juga musikus besar asal Inggris, Cat Stevens yang kini berganti nama Yusuf Islam, juga masuk nominasi.

Yusuf Islam, adalah musikus era 70-an. Ia memainkan musik folk-rock, seperti yang terdapat di album terhebatnya, “Tea for Tillerman”. Album ini berada di ranking 208 dari 500 lagu terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone. Salah satu hits terkenalnya adalah Wild World.

Sejak menjadi muslim pada 1977, beberapa tahun kemudian ia melelang gitar-gitarnya untuk amal, kemudian meninggalkan ingar bingar rock untuk mengabdikan diri bagi kemanusiaan. Tak salah jika pada 2003, ia berhasil mendapatkan World Award Peace, 2004 Man Peace Award, dan 2007 Mediterranean Prize for Peace.

Pada 2006, musisi berusia 65 tahun ini kembali ke dunia musik, sedikitnya telah merilis dua album. Tahun 2014, selain Yusuf Islam, ada Nirvana, The Rolling Stones, KISS dan 5 musisi rock lainnya masuk Rock and Roll Hall of Fame.

Yusuf Islam lahir dengan nama Stephen Demetre Georgiou di London, Inggris, 21 Juli 1948. Pada awal karier musiknya, Georgiou mengambil nama Cat Stevens. Sebagai Cat Stevens, ia berhasil menjual 40 juta album, kebanyakan pada era 1960-an dan 1970-an.

Lagu-lagunya yang paling populer termasuk "Morning Has Broken", "Peace Train", "Moonshadow", "Wild World", "Father and Son", "Matthew and Son", dan "Oh Very Young".

Stevens menjadi seorang mualaf dan memeluk Islam pada 1977 setelah mengalami near-death experience. Ia lalu mengambil nama Yusuf Islam dan menjadi seorang pendakwah.

Satu dasawarsa kemudian ada kontroversi ketika ia melontarkan pernyataan mendukung fatwa yang dikeluarkan menentang penulis Salman Rushdie. Pada 2004, Yusuf Islam kembali dibicarakan lagi lantaran ditolak masuk Amerika Serikat setelah namanya ditemukan pada sebuah daftar larangan terbang (no-fly list).

DAFTAR nominasi Rock and Roll Hall of Fame 2014 telah diumumkan. Nirvana yang memulai debutnya di tahun 1987 akhirnya masuk nominasi penghargaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News