Yusuf Mansur Obong

Oleh Dhimam Abror Djuraid

Yusuf Mansur Obong
Ustaz Yusuf Mansur. Foto: dokumen JPNN.com/Ricardo

jpnn.com - Kalau seseorang menyebut nama ‘Jam’an Nurchotib’ hampir pasti tidak ada publik yang mengenalnya.

Namun, ketika disebutkan nama 'Yusuf Mansur’, apalagi kemudian ditempelkan atribut ‘ustaz’ di depannya, hampir semua orang di Indonesia mengenalnya, atau setidaknya pernah mendengar namanya.

Ustaz Yusuf Mansur atau dikenal juga dengan inisial UYM menjadi salah satu ustaz papan atas Indonesia. Belakangan ini menjadi tren di masyarakat untuk menyebut nama para pendakwah terkenal dengan inisial.

Baca Juga:

Maka, bermunculannya banyak pendakwah dengan inisial, seperti, UBN, UAS, dan beberapa nama lain.

Banyak pula pendakwah yang memakai ‘nom de guerre’ alias nama panggung, dan kemudian lebih dikenal dengan nama panggung itu ketimbang nama aslinya.

Nama Soni Ernata hampir pasti tidak dikenal orang, kecuali keluarga dan tetangga dekatnya.

Baca Juga:

Namun, ’nom de guerre’ Soni, yaitu ’Ustaz Maheer At-Thuwailibi’ dikenal oleh banyak orang, terutama para aktivis media sosial.

Tidak semua ‘nom de guerre’ itu membawa kisah sukses yang berakhir happy ending. Ustaz Maheer, yang terkenal dengan unggahan-unggahan tajam di media sosial, akhirnya ditangkap polisi karena ujaran kebencian.

Sebuah buku berjudul ‘Yusuf Mansur Obong’ yang ditulis wartawan senior H.M Joesoef (2020) berisi daftar usaha UYM yang dianggap menyimpang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News