Zawahiri Resmi Gantikan Osama

Ancam Bikin Aksi ala 11 September

Zawahiri Resmi Gantikan Osama
Zawahiri Resmi Gantikan Osama
ISLAMABAD - Tantangan besar langsung menghadang Ayman al-Zawahiri yang kemarin resmi menggantikan kedudukan Osama bin Laden sebagai pemimpin Al Qaeda. Yakni, mempersatukan faksi-faksi Al Qaeda yang tersebar di Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika.

Itu bukan tantangan yang gampang. Sebab, kendati selama ini dikenal sebagai orang nomor dua di Al Qaeda, Zawahiri yang aslinya adalah seorang dokter itu, tak sekarismatis Osama yang tewas dalam penyergapan pasukan AS di kediamannya di Abbottabad, Pakistan, enam pekan silam.

Di lain pihak, pria Mesir itu mesti pintar-pintar menghindari incaran AS yang telah menjadikannya buron nomor satu menggantikan Osama, dengan "harga" USD 25 juta (sekitar Rp 212,5 miliar). Beruntung bagi anak seorang guru besar farmasi di Cairo University tersebut, hubungan AS dengan sekutunya, Pakistan, tengah memburuk menyusul penyergapan Osama yang dilakukan Washington tanpa sepengetahuan Islamabad.

Tentu saja Zawahiri tak keder dengan semua tantangan itu. Bahkan, pria yang pada Minggu lusa genap berusia 60 tahun tersebut berkoar bakal mengadakan lagi serangan massif ala 11 September 2001, ke berbagai (pusat) kepentingan AS.

ISLAMABAD - Tantangan besar langsung menghadang Ayman al-Zawahiri yang kemarin resmi menggantikan kedudukan Osama bin Laden sebagai pemimpin Al Qaeda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News