Ziarah ke Makam Dr Soetomo, Khofifah Ingatkan Cita-Cita Budi Utomo kepada Warga Jatim

Ziarah ke Makam Dr Soetomo, Khofifah Ingatkan Cita-Cita Budi Utomo kepada Warga Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berziarah ke makam Dr. Soetomo di area Gedung Nasional Indonesia (GNI) Surabaya, Jumat (20/5) pagi. Foto: Humas Pemprov Jatim

jpnn.com, SURABAYA - Pada momen Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan warga Jawa Timur, khususnya para millenial di Jawa Timur, untuk memedomani tiga cita-cita besar sebagai semangat kebangkitan bangsa yang diusung Perkumpulan Budi Utomo.

Tiga cita-cita tersebut yaitu mewujudkan cita- cita kemanusiaan, membangun bangsa dan negara dalam sebuah kesatuan dan kebersatuan, serta membangun marwah, harkat, dan martabat bangsa.

“Saya ingin me-remind kita semua tiga hal besar yang ingin dibangun Dr. Soetomo melalui perkumpulan Budi Utomo. Hal ini sampai sekarang masih sangat relevan untuk dipedomani oleh semua elemen bangsa,” ujar Khofifah.

Hal itu dikatakannya seusai berziarah ke makam Dr. Soetomo di area Gedung Nasional Indonesia (GNI) Surabaya, Jumat (20/5) pagi.

“Ketiganya adalah sesuatu yang secara filosofis sangat mendalam dan sangat relevan untuk kita jadikan pedoman dalam memaknai momen kebangkitan nasional kali ini,” imbuhnya.

Dalam proses mewujudkan cita-cita tersebut, lanjut Khofifah, Budi Utomo juga memiliki tiga dasar yang menjadi fokus utama dalam perjuangannya.

Ketiga dasar itu ialah pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

Dengan berpedoman pada tiga dasar tersebut, diharapkan semangat untuk membangun Jawa Timur yang makin maju akan beriringan dengan slogan Harkitnas 2022, yaitu Optimis Jatim Bangkit.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta warga Jatim untuk meneruskan cita-cita besar Budi Utomo dalam Hari Kebangkitan Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News