Zimbabwe Bakal 'Digelontor' Jutaan USD oleh Bank Dunia

Zimbabwe Bakal 'Digelontor' Jutaan USD oleh Bank Dunia
BANTUAN - Guna memulihkan kondisi negaranya, PM Zimbabwe Morgan Tsvangirai belakangan tengah berupaya keras meminta bantuan finansial dari sejumlah lembaga dan pemerintah negara-negara internasional. Foto: AFP/Getty Images.
HARARE - Seorang pejabat senior Bank Dunia (BD) mengumumkan Senin (18/5) waktu setempat (Harare, Red), bahwa Zimbabwe bakal mendapatkan bantuan dari institusi keuangan dunia tersebut, demi membantu perbaikan ekonominya yang 'hancur-hancuran'. Demikian kabar seperti yang diberitakan CNN, Senin (19/5) pagi.

Toga Gayewea McIntosh, nama direktur eksekutif BD untuk kawasan yang termasuk Zimbabwe tersebut, menyampaikan informasi ini usai berjumpa dengan PM Zimbabwe Morgan Tsvangirai dan Menteri Keuangan Tendai Biti. McIntosh tidak memberitahukan kapan pastinya dana itu akan didapat Zimbabwe, namun ia menyebutkan mungkin dalam "beberapa pekan ke depan".

Di luar dana bantuan itu, McIntosh juga melontarkan bahwa Zimbabwe juga berpeluang memperoleh pinjaman lain dari BD, jika urusan hutang negara itu sebesar USD 1 miliar lebih kepada institusi keuangan internasional yang telah menumpuk sejak tahun 2000 dibereskan. "Tugas pertama adalah bagaimana melihat Zimbabwe melanjutkan (program) pengurangan hutangnya," kata McIntosh.

Zimbabwe kini tengah menghadapi krisis ekonomi dan kemanusiaan luar biasa. Sejak pembentukan pemerintahan koalisi Februari lalu, negara yang kini mengandalkan transaksi cash itu sudah berusaha mencari bantuan sekitar USD 8 miliar dari sumber-sumber internasional, guna menyelamatkan perekonomian mereka yang sudah mengalami resesi sejak satu dekade terakhir.

HARARE - Seorang pejabat senior Bank Dunia (BD) mengumumkan Senin (18/5) waktu setempat (Harare, Red), bahwa Zimbabwe bakal mendapatkan bantuan dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News