JPNN.com

Zulkifli Hasan: Kota Solo, Ya, Gibran!

Rabu, 29 Juli 2020 – 18:19 WIB
Zulkifli Hasan: Kota Solo, Ya, Gibran! - JPNN.com

jpnn.com, SOLO - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyebut partainya bakal mengusung Gibran Rakabuming Raka, putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Solo.

Saat ini, surat rekomendasi PAN untuk Gibran berkontestasi di Pilwako Solo tengah dalam proses.

"Kota Solo, ya, Gibran," kata Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan saat ditemui awak media di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Rabu (29/7).

Atas dukungan PAN ini, Gibran berpotensi melawan kotak kosong di dalam kontestasi Pilwako Solo. Selain PAN, beberapa partai lain sudah menyatakan mendukung Gibran di Pilwako Solo.

Sebut saja PDIP, sudah menyatakan mendukung Gibdran, yang merupakan kader mereka untuk Pilwako Solo. Begitu juga Golkar yang menyatakan dukungan untuk Pilwako Solo.

Menurut Zulhas, melawan kotak kosong di dalam kontestasi politik ialah konsekuensi berdemokrasi. Aturan hukum terkait Pilkada memang memungkinkan seseorang kandidat melawan kotak kosong.

"Konsekuensi dari pilihan demokrasi begitu, ya. Kan, sesuai perundangan yang berlaku. Kalau enggak ada yang menantang, terus gimana, enggak ada penantangnya, masa enggak ada yang maju, bagaimana," ucap Zulhas.

Zulhas menegaskan, kandidat yang terpilih menjadi pemimpin karena melawan kotak kosong ialah sah dan konstitusional. Kandidat yang terpilih setelah melawan kotak kosong itu juga memiliki kekuatan politik yang besar di daerahnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
budi