Potensi Kelulusan UN Tinggi

Standar Kelulusan Dipasrahkan Di Setiap Sekolah

Potensi Kelulusan UN Tinggi
Potensi Kelulusan UN Tinggi
JAKARTA--Mulai hari ini, Senin (6/5) sebanyak 4.243.668 siswa SD kelas VI bakal berkerut kening mengerjakan soal ujian nasional (unas). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berharap siswa tidak perlu gerogi hingga berbuat curang. Sebab potensi kelulusan cukup tinggi, hingga bisa mencapai 100 persen.

Banyak sekali faktor yang menyebabkan potensi tingkat kelulusan unas SD lebih tinggi dibanding unas SMP dan SMA. Diantaranya adalah program wajib belajar pendidikan dasar (wajardikdas) 9 tahun. Dimana Kemendikbud mendorong habis-habisan tidak boleh ada angka putus sekolah dari jenjang SD ke SMP. Baik putus sekolah gara-gara tidak punya uang atau karena kemampuan akademis.

Faktor berikutnya adalah urusan standar kelulusan. Untuk unas jenjang SMP dan SMA, standar nilai kelulusannya ditentukan Kemendikbud. Sedangkan unas SD, standar kelulusannya dipatok oleh masing-masing sekolah. "Jadi sekitar sepekan menjelang unas, masing-masing SD sudah menyerahkan standar kelulusannya ke dinas pendidikan kabupaten atau kota," tutur Direktur Pembinaan SD Kemendikbud Ibrahim Bafadal.

Berbekal standar itu, dinas pendidikan kabupaten dan kota akan menetapkan kelulusan unas SD. Ketetapan kelulusan nanti diambil setelah proses koreksi unas yang dijalankan dengan sistem silang antar SD di satu kabupaten atau kota.

JAKARTA--Mulai hari ini, Senin (6/5) sebanyak 4.243.668 siswa SD kelas VI bakal berkerut kening mengerjakan soal ujian nasional (unas). Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News