Hadapi UN, Siswa Dihimbau Tidak Stres

Hadapi UN, Siswa Dihimbau Tidak Stres
Hadapi UN, Siswa Dihimbau Tidak Stres
JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh kembali menegaskan bahwa Ujian Nasional (UN) bukanlah merupakan syarat tunggal dalam menentukan kelulusan siswa SMP dan SMA di dalam satuan pendidikan. Mendiknas pun juga menjelaskan bahwa pihaknya akan tetap melaksanakan UN, karena hingga saat ini belum ada produk hukum yang memerintahkan pemerintah untuk menghentikan proses itu di Indonesia.

"Hingga saat ini, masih banyak pihak yang mencemaskan mengenai masalah ini. Sebaiknya tidak perlu cemas, karena bagi para siswa yang tidak lulus, akan diberi kesempatan kembali untuk mengikuti ujian ulang pada mata pelajaran yang tidak lulus atau keseluruhan. UN itu merupakan bagian dari sistem evaluasi," jelasnya di Jakarta, Senin (11/1).

Menurut M Nuh, keputusan pemerintah untuk tetap melaksanakan kegiatan UN tentunya sudah mengakomodir berbagai aspek yang menjadi perhatian masyarakat. Sehingga menurutnya, diharapkan UN tidak akan menjadi suatu hal yang menakutkan.

"Kami mengharapkan agar para siswa yang akan mengikuti UN dapat memanfaatkan sisa waktu sebaik-baiknya, meskipun stres tidak bsia dihindarkan. Jangankan anak-anak. Kita saja kalau diuji pasti akan stres. Maka dari itu, yang paling penting adalah para peserta ujian bisa mengelola potensi psikologis untuk mengelola stres itu, agar dapat melaksanakan UN dengan baik," imbuhnya.

JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh kembali menegaskan bahwa Ujian Nasional (UN) bukanlah merupakan syarat tunggal dalam menentukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News