Pileg-Pilpres Idealnya Bersamaan

Untuk Mencegah Kisruh Sistem Kepartaian

Pileg-Pilpres Idealnya Bersamaan
Pileg-Pilpres Idealnya Bersamaan
JAKARTA - Partai Gerindra menawarkan solusi agar ketidakefektifan koalisi partai-partai yang tergabung dalam pemerintahan saat ini, tidak terulang pada masa mendatang. Melalui pembahasan RUU Pemilu dan RUU Pemilihan Presiden (Pilpres), mereka siap mendesak pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) dan pilpres diadakan secara bersamaan.

   

Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan, pelaksanaan pileg dan pilpres dalam waktu bersamaan akan memenuhi asas efektivitas. "Baik dari segi biaya dan energi, efektivitas pemerintahan juga akan terbentuk," ujar Muzani, di Jakarta, Kamis (30/12).

Menurut dia, dengan melaksanakan dua pemilu itu secara bersamaan, koalisi parpol yang hanya didasarkan pada pertimbangan pragmatis akan bisa ditekan. Sebab, parpol akan dipaksa untuk berhimpun mengusung pasangan capres-cawapres tertentu sebelum pelaksanaan pemilu. "Komitmennya sudah lebih dulu dibangun di awal," tandasnya.

Hanya dengan demikian, lanjut dia, kampanye pasangan capres-cawapres dan kampanye yang disampaikan parpol pengusung otomatis akan bisa seiring. Hal itu berbeda dengan sekarang. Yaitu, kampanye antara parpol pengusung dan capres-cawapres masing-masing berbeda-beda. "Praktis sekarang itu yang (kampanyenya) sama dengan SBY-Boediono cuma Demokrat, yang lain tidak," nilainya.

JAKARTA - Partai Gerindra menawarkan solusi agar ketidakefektifan koalisi partai-partai yang tergabung dalam pemerintahan saat ini, tidak terulang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News