Anggap JK Paling Pas Gantikan Prabowo Jadi Penantang Jokowi

Anggap JK Paling Pas Gantikan Prabowo Jadi Penantang Jokowi
Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Hendri Satrio mengatakan, Jusuf Kalla sebaiknya maju sebagai calon presiden (capres). Dalam pandangan Hendri, wakil presiden yang beken disapa dengan panggilan Pak JK itu lebih pas untuk menjadi penantang Joko Widodo (Jokowi) ketimbang Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Pandangan Hendri sebagai respons atas pernyataan Prabowo yang akan mendukung bila ada tokoh lain yang menurut umat lebih baik darinya maju sebagai capres. "Sampai saat ini mungkin hanya sosok Jusuf Kalla yang berpeluang bisa menggantikan Prabowo untuk menandingi Jokowi," kata Hendri menjawab JPNN, Senin (30/7).

Pengajar di Universitas Paramadina ini tidak melihat ada tokoh lain yang elektabilitasnya mendekati Jokowi dan bisa menggantikan Prabowo sebagai capres penantang. Lagi pula, kata Hendri, Prabowo tidak akan begitu saja memberikan tiketnya ke orang lain.

Karena itu Hendri menilai pernyataan Prabowo justru sebagai upaya untuk menunjukkan sikap rendah hati. Padahal, Prabowo merupakan tokoh yang secara elektabilitas paling mendekati Jokowi.

"Saat ini yang paling dekat dengan Jokowi penantang terkuat ya Prabowo, enggak ada yang lain. Jadi pernyataan itu bentuk kerendah hatian Prabowo saja, enggak mau menunjukkan bahwa dia yang paling hebat," pungkas pendiri Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) itu.(fat/jpnn)


Sampai saat ini mungkin hanya sosok Jusuf Kalla yang berpotensi menjadi pengganti Prabowo Subianto untuk menandingi Jokowi di Pilpres 2019.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News